Anatomi Ikan Lou Han
Seperti kita ketahui bahwa ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias yang popular di Indonesia. Ikan Lohan merupakan ikan hias yang dikembangkan sejak tahun 1993. Ikan ini banyak ditemukan di bagian barat negara Malaysia. Ciri khas dari ikan Louhan adalah kepala menonjol. Pada tahun 1994, ikan Louhan jenis iblis merah Cichlid (genus Amphilophus) mulai diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia dan hasil hibrida parrot cichlid yang diimpor dari Taiwan ke Malaysia dan dibesarkan ikan ini secara bersamaan, menandai kelahiran ikan lou han tersebut.

Tahun 1995, Ikan Louhan jenis Five-Colors God of Fortune muncul lagi yang merupakan hasil perkawinan dari Human Face Red God of Fortune. Karena warnanya yang indah, ikan ini menjadi cepat populer. Penyempurnaaan secara selektif terus berlanjut hingga tahun 1998 hingga sekarang.
Karena ikan ini banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Kemudian dilakukan penelitian berbagaimacam. Seperti misalnya anatomi ikan Louhan. Penelitian ini juga berfungsi untuk mempermudah pemeliharaan ikan Louhan. Karena dengan demikian mengetahui Anatomi ikan Lohan akan mempermudah pemeliharan. Berikut beberapa anatomi ikan louhan yang ZUZOZ rampung:

Anatomi Pada Ikan Hias Louhan

Usus
Pada umunya anatomi ikan louhan hampir sama dengan ikan lainya. Usus pada ikan louhan berfungsi sebagai tempat penyerapan makanan yang telah diolah di lambung. Usus pada Ikan louhan terbagi dua yaiitu usus besar dan usus kecil.

Jantung
Pada jantung ikan louhan memiliki dua ruangan yang terletak di dekat insang. Jantung ini berfungsi untuk memompah darah keseluruh tubuh agar bisa stabil. Jantung ini memiliki bentuk bulat kecil.

Anatomi Ikan Lou Han

Gelembung Renang
Pada ikan louhan terdapat gelembung renang yang berfungsi sebagai ruang beresonasi untuk memproduksi atau menerimah suara. Selain itu juga memiliki fungsi sebagai memberi kemampuan ikan Louhan untuk mengapung saat berenang. Sehingga tidak terlalu mengeluarkan tenaga karena didalam gelembung tersebut terdapat gas.


Insang

Insang pada umunya semua ikan sama yaitu untuk bernafas.

Hati dan Empedu
Salah satu organ Ikan Louhan yang paling utama yaitu hati. Organ ini berfungsi untuk menyalurkan cairan pancreas atau empedu. Selain itu hati juga berfungsi untuk menghantam racun yang masuk pada tubuh ikan Louhan dalam skala kecil. Hati ikan Louhan merupakan organ yang paling besar jika dibandingkan dengan organ lainya. Pada bagian hati tertempel empedu yang kecil bulay yang bila dimakan sangat pahit.


Jidat atau Nongnong

jidat, atau nongnong (nuchal hump) terdapat bebeberapa versi. Fungsi dari nongnong sendiri pada keluarga cichlid masih diperdebatkan. Beberapa ahli menyebutnya sebagai alat untuk berkelahi, sebagai daya tarik seksual, sebagai alat bantu  hidrodinamika ikan, sebagai penyimpan cadangan lemak, dan lain-lain. Hasil analisis menunjukkan bahwa nongnong terdiri dari lemak dan air.

Sehingga anggapan bahwa nongnong ini sebagai penyimpan cadangan lemak memang beralasan.
Nah demikian anatomi dari ikan Hias Louhan Semoga memeberi manfaat. Sedikit catatan bagi yang suka memelihara ikan lohan bahwa ikan ini paling menyukai suhu sekitar 32-35 derajat Celsius sedangkan skala pH yang baik untuk pertumbuhan ikan louhan yaitu bekisar 6,5-7,5. Apabila suhu ini tidak sesuai, maka biasanya akan timbul penyakit berupa penyakit jamur, gejala yang tampak pada tubuh louhan adalah tubuh seperti diselimuti benang halus.

Namun jangan kwatir karena penyakit ini dapat diatasi dengan cara merendam Lohan kedalam larutan Malachite Green Oxalat dengan perbandingan 3g untuk 1 kubik air. Ikan direndam kurang lebih 30 menit.