Selain di Gunung Himalaya, Pohon Bunga Nagapushpam juga diketahui hidup di daerah lain seperti India, Sri Lanka, Kamboja, Semenanjung Melayu, Indonesia, Assam, Nepal selatan, dan Indocina.

Namun, bunga Nagapushpam tidak diberi nama Nagapushpam melainkan  dikenal sesuai daerah tempat dia beradah. Kayu bunga Nagapushpam dikenal keras, kuat dan berat.

Sehingga tidak heran jika kayu Bunga Nagapushpam, banyak yang memanfaatkan sebagai alat peraga tambang, rel kereta, alat pegangan seperti cangkul dan dijadikan bahan untuk membuat kapal.

Tetapi yang menjadi pertanyaan, apakah anda sudah mengetahui ciri-ciri dari Pohon bunga Nagapushpa? Berikut Ikan Hias Populer, akan bahas secara rinci mengenai pohon bunga nagapushpam.

1. Batang
Batang pohon Bunga nagapushpa ditandai dengan kulit keabu-abuan disertai coklat kemerahan, dangkal dan terlihat pecah-pecah dan bersisik. Batang Nagapushpam bisa mencapai diameter hingga 2 meter.

2. Buah
Pada umumnya buah bunga nagapushpa berbentuk bulat telur, kerucut dan coklat gelap dengan 1 - 4 biji terkompresi. Untuk lebih jelasnya anda dapat memperhatikan gambar dibawah.

3. Bunga
Bunga Pohon Nagapushpa bisa mencapai diameter hingga 4-7,5 cm dengan empat kelopak putih dan pusat benang sari kuning banyak, sangat harum. Berbunga biasanya tidak teratur.

4. Daun
Daun bunga Pohon Nagapushpa sedikit agak sederhana, sempit, lonjong, lanset, dan hijau tua. Pada umumnya, daun Nagapushpa dapat mencapai panjang 7-15 cm. Daun dapat ditandai dengan daun bawah berwarna putih; daun muda yang baru muncul terlihat merah muda kekuningan dan melorot.

5. Bentuk
Pohon bunga Nagapushpam dapat mencapai tinggi 100 ft, dengan teratur, kerucut, padat, mahkota hijau gelap. Pohon nagapushpam, memiliki pertumbuhan yang memang sangat lambat. Hal ini dapat kita lihat di daerah Sri Lanka yang memiliki ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut.


Demikian ciri-ciri dari pohon bunga nagapushpam yang dapat kami sajikan semoga bermanfaat bagi anda. Salam Sukses.