Pada umumnya ikan Osphronemus goramy atau lebih dikenal dengan Ikan Gurame paling banyak dikomsumsi orang Indonesia. Kendati demikian Ikan Gurame juga ada yang menjadikanya sebagai ikan hias.


Ikan gurame memiliki pertumbuhan sedikit lambat jika dibandingkan dengan ikan lainya seperti mujair dan nila. Ikan Gurame bisa mencapai berat hingga 5 kg. Cukup besar kawan.

Jika diklasifikasikan Ikan Gurami masuk pada:

1. Kerajaan (Kingdom) = Animalia
2. Filum = Chordata
3. Kelas = Actinopterygii
4. Ordo = Perciformes
5. Famili = Osphronemidae
6. Genus = Osphronemus
7. Spesies = Osphronemus goramy

Ikan Gurami/Gurame pada umumnya menyukai air yang tenang dan tawar, sehingga ikan ini sangat sulit ditemui di sungai-sungai deras. Ikan gurame paling suka dipelihara pada ketinggian 50-40 meter diatas permukaan air lau.

Tetapi jangan kwatir, karena ini juga dapat ko dipelihara dimana saja. Biasanya ikan gurami menyukai suhu yang memiliki kwalitas 24 sampai 28 0C.

Jika melihat dari Makananya maka Ikan Gurame tergolong ikan Herbivora atau yang lasim dikenal dengan pemakan tubuhan. Sebab pada ususnya terlihat agak panjang jika dilihat dari anatominya.

Berikut beberapa Anatomi Ikan Gurame yang Kami himpun:

1. IKan Gurame memiliki alat yang disebut Labirin berfungsi untuk berenang pada air dangkal dan keruh. Labirin juga dapat berfungsi untuk mengambil oksigen langsung dari udara.
2. Ikan Gurami memiliki usus cukup panjang dan juga didalamnya terdapat enzim yang memiliki fungsi sebagai pencerna makanan yang berasal dari tubuhan.
3. Ikan Gurame paling menyukai larva yang baru menetas. Sebab larva ini sering digunakan sebagai makanan cadangan. Larva tersebut biasanya menempel pada bagian perut. Dalam jangka waktu 5 sampai 7 hari sisa-sisa kuning telur ini cukup memberikan sumber energi.
4. Cepal
5. Pinae abdomalis
6. Truncus
7. Pinae vectoralis
8. Caudal                    
9. Cavum oris          
10. Vopea nasalis        
11. Organun visus      
12. Overkulum                
13. Squama/ sisik
14. Linea lateralis/ gurat sisi
15. Lubang anal
16 Lubang urogenital
17. Pinae analis
18. Pinae dorsalis