Anda ingin mencoba budidaya Tanaman Hidroponik yaitu sistem bercocok tanam tampa tanah, tetapi anda bingung untuk memilih tanaman apa baik atau cocok untuk di budidaya?

Jangan kwatir, karena kali ini kami akan kembali membahas mengenai Jenis atau macam-macam tanam yang baik untuk Hidroponik. Sebab, semua orang yang ingin membuat suatu usaha tentunya menginginkan keuntungan dari karya yang dibuat.

Seperti hal saya si penulis bodoh, yang hanya ingin agar semua petani Indonesia sukses dalam segala bidang. Sehingga saya berusahan untuk mencari data mengenai budidaya Tanaman Hidroponik, agar masyarakat dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas. 

Tetapi itu, jangan anda pikirkan. Yang perlu anda ketahui adalah tanaman apa yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan baik untuk budidaya Hidroponik. Berikut kami sajikan macam-macam tanaman Hidroponik yang baik.

1. Tomat

Bedasarkan data yang kami dapat salah satu tanaman yang baik untuk hidroponik adalah tomat. Tomat menjadi pilihan karena sangat banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Namun yang perlu anda perhatikan yakni Tomat harus mendapatkan Intensitas cahaya yang cukup.

2. Paprika

Paprika menjadi salah satu tanaman Hidroponik yang diminati karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi di pasaran. Bagi yang ingin membuka usaha dengan memanfaatkan perkembangan (budidaya) Hidroponilk, sebaiknya anda jatuhkan pada pilihan tanaman Paprika.

3. Melon

Melon memiliki nilai komsumsi yang sangat banyak sehingga tidak heran jika banyak yang memanfaatkanya sebagai bisnis Hidroponik. Sebab dapat membawah keuntungan yang sangat besar. Lihat ajah di beberapa hotel/ rumah makan, kalau bukan semangka anda akan mendapatkan buah Melon.

4. Terong Jepang

Terong jepang cukup mahal dipasaran dan banyak peminantnya sehingga selalu menjadi pilihan pebisnis. Selain itu, terong juga sangat enak dan mudah dipelihara.

5. Selada

Selada atau lebih dikenal dengan Daun Selada menjadi salah satu tanaman yang cocok untuk di pelihara secara Hidroponik karena tidak terlalu membutuhkan perawatan (Perawatanya mudah). Selada juga memiliki pertumbuhan yang cukup subur dan cepat, jadi sangat pas bagi anda yang memiliki waktu sedikit.

6. Kangkung

Kangkung pada dasarnya ada dua jenis yang paling popular yakni kangkung sungai atau di air dan kangkung cabut. Kangkung yang paling banyak dipelihara secara hidroponik yakni kangkung cabut. Sebab kangkung memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Selain itu, sistem panennya juga mudah dan dapat dipanen berkali-kali.

7. Sawi

Sayuran sawi juga banyak dipelihara secara Hidroponik karena cukup mudah dipelihara dan banyak penggemarnya. Bahkan di negara-negara maju, seperti Jepang paling banyak menanam sawi dengan sistem Hidroponik. Jadi Sawi tidak diragukan lagi keberhasilanya.

8. Bayam

Siapa sih yang gak kenal dengan Bayam. Sayuran yang nikmat dan sering dibuat sop. Sayuran bayam paling banyak dibudidaya Hidroponik karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain itu, bayam juga sering dijadikan percobaan bagi orang yang baru belajar Hidroponik, karena perawatanya mudah dan hasilnya juga bisa kita komsumsi sendiri.

9. Bawang

Bawang merupakan tanaman yang sangat mudah dipelihara secara Hidroponik. Karena kita dapat memanfaatkan lahn yang sangat sempit untuk tanaman ini. Namun yang sering menjadi halangan dalam menanam bawang yakni sering terjadi pembusuka. Tetapi jangan kwatir, sudah banyakko teknik perawatan bawang dengan cara Hidroponik di siapkan di buku. Anda dapat belajar dari situ.

10. Mentimun

Meskipun agak sulit dipelihara dan membutuhkan lapangan yang cukup luas, Timun menjadi salah satu tanaman Hidroponik yang banyak dipelihara masyarakat. Sebab Timun memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Contohnya ajah, hampir semua rumah makan membutuhkanya. Timun juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Timun yang paling banyak dipelihara Hidroponik adalah timun Jepang.


Itulah tanaman yang baik untuk hidroponik dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Bagi kawan-kawan yang ingin mendapatkan hasil besar. Mulailah berbudidaya Hidroponik dari sekarang.

Tetapi sebelum memulainya sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa kelemahan dan kelebihan dari Tanaman Hidroponik. Jangan sampai anda hanya panas-panas tai ayam.

Alias hanya memiliki semangat di depan. Tetapi setelah menjalani, ternyata ada kesulitan yang anda dapatkan. Sehingga akhirnya berhenti. Nah demikianlah sekilas mengenai Tanaman Hidroponik semoga bermanfaat.