Hidroponik merupakan budidaya dengan memanfaatkan air sebagai sumber utama (tampa tanah). Budidaya ini mulai berkembang diseluruh dunia.

Dan bahkan di Indonesia, Tanaman Hidroponik sudah banyak dikembangkan. Sebab teknik Hidroponik memiliki banyak keunggulan dibandingan dengan budidaya menggunakan tanah atau lahan perkebunan.

Tanaman Hidroponik, pertama kali dikemukakan oleh Francis Bacon pada tahun 1627. Dan kemudian dikembangkan oleh beberapa peneliti berikutnya seperti John Woodward, Francis Bacon, Jerman Julius von Sachs dan Wilhelm Knop serta William Frederick Gericke.



Adapun kelebihan bercocok tanam dengan teknik Hidroponik jika dibandingkan dengan budidaya menggunakan tanah adalah sebagai berikut:

1. Tanaman Hidroponik tidak menggunakan tanah. Sehingga bagi anda yang tidak memiliki tanah yang cukup luas, juga bisa menggagas cara pertanian model ini.
2. Sistem Tanaman Hidroponik menggunakan air, sehingga anda dapat memanfaatkanya airnya juga sebagai pengganti air aquarium. Selain itu, Tanaman Hidroponik hanya menggunakan air sedikit. Jadi anda tidak perlu kwatir jika pasukan air anda kurang, anda akan tetap bisa menggunakan cocok tanam dengan cara ini.
3. Tanaman Hidroponik juga sangat mudah pada saat ingin memberi pupuk sebagai nutrisi. Anda tidak perlu menyewah orang untuk mengangkut pupuk ke lokasi sebab. Pemberian nutrisi bagi tanaman Tanaman Hidroponik sangat mudah karena cukup memasukkannya kedalam air. Pemupukan (pemberian nutrisi) pada Tanaman Hidroponik juga lebih merata jika dibandingkan tanaman yang menggunakan tanah.
4. Tanaman Hidroponik dapat dikelolah di dalam rumah atau lingkungan rumah. Jadi anda tidak perlu keluar dari pekarangan. Anda dapat membuat Greenhouse sesuai dengan keuangan anda.
5. Tanaman Hidroponik bisa dipastikan steril dan bersih. Kemudian Tanaman Hidroponik dalam hal perawatanya lebih mudah, sebab anda tidak perlu menyewah orang sebanyak-banyaknya untuk membersikan kebun anda.
6. Tanaman Hidroponik tidak terlalu (relatif) membuat polusi pada lingkungan. Sebab Tanaman Hidroponik tidak perlu disemprot pada saat permbersihan rerumputan. 
7. Pemberian nutrisi atau pupuk pada Tanaman Hidroponik tidak menimbulkan polusi berlebihan serta dapat mengurangi jumlah nutrisi yang dikeluarkan pemiliki (Pemberian pupuk akan lebih sedikit).
8. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Tanaman Hidroponik memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan tanaman dengan menggunakan bahan tanah.
9. Hal lain yang menjadi keunggulan Tanaman Hidroponik adalah bebas dari gangguan gulma atau tanaman lain. Sebab jika anda melakukan budidaya Tanaman Hidroponik anda pastinya tidak membudidayakan tanaman jangka panjang.
10. Tanaman Hidroponik juga hemat, dalam hal ini penggunaan media atau tepat menanam. Sebab media Tanaman Hidroponik dapat digunakan selama bertahun-tahun. Jadi anda tidak perlu mengolah tanah dalam tekni Hidroponik.
11. Dalam hal panen, Teknik Tanaman Hidroponik lebih mudah sebab adan tidak perlu naik turun gunung untuk memetik hasil jeripaya anda. Dengan demikian tentunya dalam hal tenaga kerja juga akan berkurang.
12. Dari kwalitas panen, Tanaman Hidroponik lebih banyak dibandingkan dengan budidaya tanaman menggunakan media tanah.
13. Jika terkenak penyakit, maka anda juga tidak perlu membeli obat (pebtisida) terlalu banyak, karena anda tidak mungkin menyemprot semua lahan yang ada di sekitar anda. Tetapi cukup lebih fokus kepada tanaman.
14. Tanaman Hidroponik dapat digunakan untuk menghias ruangan. Jadi anda dapat menggunakannya sebagai pengganti bunga.
15. Jika ditempatkan di ruangan, maka Tanaman Hidroponik dapat membuat ruangan lebih sejuk sebab tanaman mengeluarkan oksigen yang dibutuhkan manusia. 


Nah itu dia kelebihan dari Tanaman Hidroponik. Pertanyaan apa yang anda lakukan setelah mengetahui kelebihan dari tanaman Hidroponik? Apa ingin melakukan budidaya Hidroponik?

Jika ia maka silakan simak juga mengenai kelemahan tanaman Hidroponik. Sebab jika tidak anda akan menyesal nantinya. 

Sebab dalam memutuskan sebuah tindakan. Kita harus mengetahui segalahnya. Jangan sampai ada dari salah satu yang tidak kita sukai. Hingga akhirnya putus ditengah jalan. Dan ini akan membuat kerugian besar tehadap diri kita. 

Ingat petani sukses adalah mereka yang menguasai teori dan praktek. Tidak ada yang berhasil hanya mengetahui salah satunya. Anda harus mengetahui keduanya untuk kesuksesan anda. Selamat bertani.